Thursday, March 26, 2015

5 Tips Cara dalam Memilih Domain Untuk Blog/Website

5 Tips Dalam Memilih Domain Untuk Blog/Website

Untuk membangun sebuah blog atau website, tentunya kita harus memiliki pondasi yang kuat, pondasi dalam konteks ini adalah domain dan hosting, jadi untuk membuat sebuah website berkualitas, tentunya kita juga harus menyiapkan domain dan hosting yang baik.

Kenapa kita harus menyiapkan domain dan hosting? jika diibaratkan dengan tanah dan bangunan, hosting adalah tanah tempat dimana bangunan itu berdiri, sedangkan domain adalah bangunan yang berdiri di atas tanah tersebut.

Menurut saya, kedua-duanya sama sama penting untuk membangun sebuah blog berkualitas dan ramai pengunjung, akan tetapi sekarang ini sudah banyak sekali tersedia platform yang menyediakan hosting gratis, kita ambil saja contohnya blogger dan wordpress, kedua situs tersebut adalah penyedia blog platform gratis.

Oleh karena itu, jika kita memiliki dana terbatas, usahakanlah untuk memprioritaskan domain terlebih dahulu, kalau masalah hosting kita bisa memakai yang gratis terlebih dahulu, agar lebih efisien. Berhubungan dengan domain, kali ini tuliskan.com akan memberikan beberapa tips untuk memilih domain yang baik dan benar.

1. Mengandung Keyword / Kata Kunci

Ketika kita membuat suatu blog, tentunya ada keyword atau kata kunci yang kita bidik untuk blog tersebut, tentunya diperuntukkan sebagai "niche" atau pengelompokkan kategori artikel, agar blog lebih spesifik dan kuat dimata search engine nantinya.

Nah, jika anda sudah menentukan kata kunci yang akan dibidik, usahakanlah anda memilih domain yang mengandung kata kunci didalamnya.

Misalnya, anda mengincar kata kunci "jual rumah di jakarta", maka anda bisa mencari domain seperti jualrumahmurahdijakarta.com atau jualrumahberkualitasjakarta.net, jadi usahakanlah agar domain anda mengandung kata kunci yang dibidik, agar lebih meyakinkan.

2. Ekstensi domain

Pada dasarnya, ekstensi domain adalah akhiran dari sebuah domain itu sendiri, seperti .com, .biz, .org, .info, dan .net. Usahakanlah untuk memilih domain yang sesuai dengan website anda, apabila untuk professional dan niche, gunakanlah .com, .net, atau .biz, sedangkan jika web anda adalah komunitas atau organisasi, gunakanlah domain berkestensi .org. Akan tetapi, ekstensi domain yang sangat dianjurkan untuk saat ini adalah .com, karena sifatnya yang sangat universal dan familiar.

3. Mudah Diingat

Pilihlah nama domain yang mudah diingat dan efektif, karena pengunjung akan lebih mudah menghafal website kita ketika memiliki nama domain yang terkesan simple dan langsung "nancep" di otak.

4. Mewakili blog 

Dalam memilih nama domain untuk blog atau website, usahakanlah memilih nama yang singkat tapi mewakili keseluruhan blog, jadi nama domain blog tersebut terkesan mewakili keseluruhan isi dari blog tersebut.

Nama domain yang singkat dan efisien dapat memberikan branding lebih kepada blog kita, namun apabila blog kita membidik kata kunci tertentu, kita bisa memberikan domain sesuai kata kunci yang dibidik, namun usahakanlah jangan lebih dari 3-4 kata untuk satu domain.

5. Penyedia Domain

Penyedia domain juga merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan ketika memilih domain, karena secara tidak langsung hal tersebut akan mempengaruhi kualitas website kita, apabila server dari penyedia domain tersebut stabil dan bagus, maka begitu pula kualitas blog kita.

Beli lah domain dari situs penyedia terpercaya, baik dalam maupun luar negeri, agar servernya stabil dan tidak sering mengalami down, karena itu akan berdampak pada faktor seo dan kualitas blog juga nantinya.

Demikian beberapa tips-tips tentang cara memilih domain untuk blog atau website, semoga bermanfaat, dan selamat mencoba.


Link Sumber : http://www.tuliskan.com/2015/02/5-tips-dalam-memilih-domain-untuk-blog-website.html#ixzz3VT8PHJDG

No comments:

Post a Comment

Official Virgozta