Monday, 30 March 2015

Kebudayaan-kebudayaan yang ada di Indonesia Lengkap

MACAM – MACAM KEBUDAYAAN INDONESIA

A.     KEBUDAYAAN BALI
1.      Rumah Adat
Salah satu contoh rumah adat daerah Bali disebut Gapura Candi Bentar. Gapura Candi Bentar merupakan pintu masuk istana raja yang merupakan pula rumah adat di Bali. Gapura Candi Bentar dibuat dari batu merah dengan ukir yiran dari batu cadas. Balai Benggong terletak pada sisi kanan dan Balai Wantikan terletak pada sisi kiri. Balai Benggong adalah tempat istirahat raja beserta keluarganya. Balai Wantikan adalah tempat adu ayam attau pegelaran kesenian. Kori Agung adalah pintu masuk pada waktu upacara besar. Kori Babetelan merupakan pintu untuk keperluankeluarga.

http://2.bp.blogspot.com/-N6ENKmfCuDg/Uz-xbsFiEFI/AAAAAAAAAC8/JOVFNf9LWO8/s1600/rumah-adat-bali-Gapura-candi-bentar-rumah-tradisional-bali-rumah-khas-bali.jpg
Rumah Adat Bali Gapura Candi Bentar

2.      Pakaian Adat
Pakaian adat pria Bali berupa ikat kepala (destra), kain songket saput dan sebilah keris terlesip pada pinggang bagian belakang.Sedangkan wanitanya memakai dua helai kain songket, setagen songket atau meprada dan selendang atau senteng. Ia juga memakai hiasan bunga emas dan bunga kamboja diatas kepala. Perhiasan yang dipakainya adalah subang, kalung, dan gelang.
http://3.bp.blogspot.com/-2m9wp8khfKk/Uz-yF9J2j-I/AAAAAAAAADE/Etyb1yFYKOY/s1600/pakaian-adat-bali-pakaian-tradisional-bali-baju-adat-bali.jpg
Pakaian Adat Bali

3.      Tari tarian Daerah Bali
a.       Tari Legong, merupakan tarian yang berlatar belakang kisah cinta raja dari Lasem.ditarikan secara dinamis dan memikat hati.
b.       Tari Kecak, sebuat tarian berdasarkan cerita dari Kitab Ramayana yang mengisahkan tentang bala tentara monyet dari Hanoman dan Sugriwa.
c.       Tari Jaran Teji, adalah jenis tari kreasi yang memanfaatkan gerak tari tradisi untuk menggambarkan keterampilan para prajurit penanggung uda yang bersiap siaga menuju medan perang.

http://3.bp.blogspot.com/-NGwDTmh4Hss/Uz-yuG5WSrI/AAAAAAAAADM/Lf5vXQ-kDXQ/s1600/legongkeraton6ct9.jpg
Tari Legong

http://2.bp.blogspot.com/-goFJtalAW7o/Uz-zDmnIekI/AAAAAAAAADU/xcupyuGUS1A/s1600/Tari-Kecak_kidnesiathumb630x368.jpg
Tari Kecak

4.      Senjata Tradisional
Keris sebagai senjata penduduuk Bali. Selain untuk membela diri, keris dapat mewakili seseorang dalam suatu undangan pernikahan. Menurut kepercayaan sebagai penduduk Bali, bila keris pusaka direndam dalam air putih akan menyembuhkan anggota keluarga dari gigitan binatang berbisa. Gagang keris yang terbuat dari kayu itu, ada pula yang berhiasan permata.
Selain keris terdapat pula tombak yang dipergunakan untuk berburu, berperang atau upacara pembakaran mayat. Juga terdapat golok yang dipergunakan untuk keperluan bertani serta untuk mempersiapkan upacara keagamaan.
http://1.bp.blogspot.com/-glcaPjvZLSo/Uz-zbvdnzjI/AAAAAAAAADc/s31cocvbL_Y/s1600/bali_keris016.jpg
Keris Bali

5.      Suku : Suku dan marga yang terdapat didaerah Bali adalah : Bali, Jawa, dan Madura.
6.      Bahasa Daerah : Bali
7.      Lagu Daerah : Janger

B.      KEBUDAYAAN MALUKU
1.      Rumah Adat
Rumah adat Maluku dinamakan Baileo. Baileo dipakai untuk tempat pertemuan, musyawarah dan upacara adat yang disebut Saniri Negeri. Rumah tersebut merupakan panggung dan dikelilingi oleh serambi. Atapnya besar dan tinggi terbuat dari daun rumbia, sedangkan dindingnya dari tangkai rumbai yang disebut.

http://2.bp.blogspot.com/-ms8szIVlyJ8/U0GDga1ASpI/AAAAAAAAAFA/tFDwb2FHF30/s1600/rumah-adat-maluku-rumah-adat-Baileo-rumah-tradisional-Baileo.jpg
Rumah Adat Maluku (Baileo)



2.      Pakaian Adat
Prianya memakai pakaian adat berupa setelann jas berwarna merah dan hitam, baju dalam yang berenda dan ikat pinggang. Sedangkan wanitanya memakai baju Cele, semacam kebaya pendek, dan berkain yang disuji. Perhiasannya berupa anting anting, kalung dan cincin. Pakaian ini berdasarkan adat Ambon.
http://3.bp.blogspot.com/-6nYr6RpwDqQ/U0GEB67sNuI/AAAAAAAAAFI/z2txKLeqIkY/s1600/Pakaian-Adat-Maluku-Pakaian-Tradisional-Maluku-Baju-Adat-Maluku.jpg

3.      Tarian tarian Daerah Maluku
a.      Tari Lenso, merupakan tari pergaulan bagi segenap lapisan masyarakat Maluku.
b.      Tari Cakalele, adalah tari perang yang melukiskan jiwa kepahlawanan yang gagah perkasa.
c.       Tari Cakaola, merupakan jenis tari pergaulan yang digarap berdasarkan unsur unsur gerak tari tradisional Orlapei dan Saureka reka. Tari ini biasannya ditarikan untuk memeriahkan pesta pesta atau dipertunjukkan dalam rangka manjamu tamu tamu terhormat.

http://3.bp.blogspot.com/--SgDGXuI3gM/U0GEmDk7oDI/AAAAAAAAAFQ/GsVXb8zDzHo/s1600/p47ce5be3f3087.jpg
Tari Cakalele



4.      Senjata Tradisional
Senjata tradisional yang terkenal di Maluku adalah Parang Salawaku. Panjang parang 90-100cm, sedangkan Salawaku (perisainya) dihiasi dengan motif motif yang melambangkan keberanian.
Parang tersebut terbuat dari bahan besi yang keras dan ditempa oleh seorang pandai besi khusus. Tangkai parang terbuat dari kayu keras, seperti kayu besi atau kayu gupasa. Sedangkan Salawaku (perisainya) terbuat dari kayu yang keras pula. Selain untuk keperluan perang, parang salawaku dipakai pula dalam menarika tari Cakalele.

http://4.bp.blogspot.com/-4wP6oOke9Tk/U0GFDatCc_I/AAAAAAAAAFY/kuZNSYIffIQ/s1600/mmmm.jpg
Parang Salawaku

5.      Suku : Suku dan marga yang terdapat didaerah Maluku adalah : Rana, Alifuru, Togitil, Furu Aru, dan lain lain.

6.      Bahasa Daerah : Togitil, Furu Aru, dan Ahfuru.
7.      Lagu Daerah : Kole kole, Mande mande, Rasa Sayang Sayange

C.      KEBUDAYAAN BANGKA BELITUNG
1.      Rumah Adat Bangka Belitung
Rumah Adat khas Bangka Belitung bernama Rumah Panggung. Rumah ini bercirikan khas Melayu seperti yang ada di daerah-daerah pesisir Sumatera serta Malaka. Rumah panggung terbuat dari kayu, bambu atau rotan. Ada 9 tiang yang digunakan untuk mendirikan bangunan ini berdasarkan falsafah 9 tiang yang dipercaya masyarakat di Bangka Belitung ini. Tiang yang pertama kali dibangun yaitu tiang utamanya terletak ditengah bangunan. Sebagai atapnya ditutup menggunakan daun rumbia dan model atap sebagian berarsitektur Terpancung. Sedangkan dindingnya menggunakan kulita kayu atau pelepah. Sebagian dari atap sisi bangunan dengan arsitektur ini terpancung.
http://2.bp.blogspot.com/-ET4cIb0r5y8/VBFiuzkaJ_I/AAAAAAAABus/1BBRThvrmZ8/s1600/Rumah_adat_belitung_11.JPG
Rumah Panggung Bangka Belitung
Pakaian Adat Bangka Belitung

2.      Pakaian Adat Bangka Belitung
 Pakaian adat pernikahan mempelai laki-laki Bangka Belitung mengenakan Jubah panjang sebatas betis kaki berwarna merah yang terbuat dari bahan beludru disertai hiasan manik-manik dan pakaian bawahnya memakai celana. Pada bahu sebelah kanan diselempangkan sebuah kain. Di kepala dikenakan sorban sebgai penutup kepala ( sungkon ) dan sandal Arab sebagai alas kakinya.
Sedangkan pakaian adat pengantin wanita mengenakan baju kurung berwarna merah berbahan beludru dan memakai kain tenun asli Bangka yang disebut dengan kain cual. Pada dada dihiasi dengan penutup dada atau teratai dan dilengkapi hiasan Ronce Melati. Dan untuk hiasan kepala dikenakan Paksian yang meliputi hiasan-hiasan Kembang Goyang, Kembang Cempaka, Gelang, Daun Bambum, Anting Panjang, Sari Bulan, pending untuk dipinggang dan lain sebagainya.

3.      Senjata tradisional
-          Senjata Kedik, yaitu alat yang digunakan untuk alat petanian, perkebunan lada
-          Parang Bangka, yaitu senjata yang mirip golok di jawa, dibuat agak berat dan lebar agar sasaran dengan cepat dapat terpotong. Alat ini digunakan dalam perkelahian jarak pendek serta dapat digunakan untuk menebang pohon.

4.      Alat musik: Gendang Melayu, Suling, Rebana dan Dambus

5.      Tarian tradisional: Tari Campak, Tari Zapin, Tari Tanggai, Taru Bahtera Bertiang Tujuh
6.      Makanan Tradisional:
-          Kemplang belacan, yaitu berbahan dari sagu dan ikan. Bentuknya bulat lebar dan belacan atau terasi sebagai pelengkap sambalnya.
-          Lempah kuning, yaitu berbahan ikan laut dan daging yang diberi berbagai macam bumbu meliputi bawang merah, bawang putih, kunyit, lengkuas dsb. Makanan ini merupakan masakan khas dari Pulau Bangka.
-          Kritcu
-          Getas/Keretek

D.     KEBUDAYAAN GORONTALO
1.      Rumah Adat
-          Doluhapa, merupakan rumah adat Gorontalo yang digunakan untuk tempat bermusyaarah. Pada masa-masa pemerintahan raja, Doluhapa digunakan untuk ruang pengadilan, tmpat untuk memvonis penghianat melalui 3 aturan yaitu:
·         Alur pertahanan (keamanan), dikenal sebagai Buwatulo Bala;
·         Alur hukum agama islam, dikenal sebagai Buwatulo Syara;
·         Alur Hukum adat, dikenal sebagai Buwatulo Adati.
Kini rumah adat Doluhapa digunakan oleh masyarakat Gorontalo difungsikan untuk tempat menjalankan upacara pernikahan dan juga upacara adat lain nya.

http://3.bp.blogspot.com/-WUvDJjLQMIk/VAmD7ylrbgI/AAAAAAAABr8/FzEJWh7BpM0/s1600/gorontalo.jpg

-          Rumah adat Bandayo Pamboide digunakan juga digunakan sebagai tempat bermusyawarah. Dulu Rumah Bandayo Pomboide ini difungsikan sebagai tempat pagelaran budaya khas Gorontalo. Berbeda dengan Doluhapa, bagian dalam Bandayo Pomboide mempunyai banyak sekat sehingga memiliki bermacam ruangan yang fungsiya juga beragam. Jika diamati secara keseluruhan, disain arsitektur rumah adat ini (baik Doluhapa dan Bandayo Pomboide) banyak dipengaruhi oleh kebudayaan Islam yang tumbuh dan kental di wilayah Gorontalo sejak dahulu.

2.      Pakaian Adat Gorontalo
Pakaian adat Gorontalo yang biasa dikenakan pada saat upacara pernikahan, upacara khitanan, upacara baiat (pembeatan wanita), upacara penyambutan tamu, maupun upacara adat lainnya.
http://4.bp.blogspot.com/-G9BEiTo2ppQ/VAmEse7TnpI/AAAAAAAABsE/q5WMZF23lJ8/s1600/nvh.png
Pakaian adat pada pria berupa baju tertutup yang dipadankan dengan celana panjang. Pakaian ini dilengkapi penutup kepala dan kain sarung yang dililitkan di pinggang. Serta ada senjata tradisional wamilo diselipkan dililitan sarung tersebut.Sedangkan pakaian adat pada wanita berupa baju berukuran panjang sejenis baju kurung. Dan anting berwarna emas. Biasanya, rambut wanita disanggul dengan bentuk sederhana dan dihiasi kembang emas.

3.      Tari Tradisional Gorontalo
Tari tradisional provinsi Gorontalo adalah tari Polo-polo. Tari ini merupakan tari pergaulan bagi muda-mudi. Gerakkan tari ini dinamis dan beraturan. Biasanya, penarinya adalah wanita dan dilakukan oleh lebih dari dua orang.
http://2.bp.blogspot.com/-Ny--HvbT1Tg/VAmE7Z_AVsI/AAAAAAAABsM/_ZnhLUPDgG0/s1600/polo.png

Selain itu, ada juga tari Peule Cinde. Tari ini, termasuk pula tarian untuk menyambut tamu agung. Puncak acaranya adalah dengan menaburkan bunga bagi para tamu.
4.      Senjata Tradisional : Wamilo
Senjata tradisional ini berbentuk seperti golok. Namun, bagian ujung hulunya sedikit melengkung ke bawah. Senjata tradisional lainnya adalah badik, Wamilo, Bitu'o (sejenis Keris), Sabele (sejenis Parang atau Lilang) dan Travalla.

http://1.bp.blogspot.com/-GTbeZiVZVTI/VAmFCcpfbxI/AAAAAAAABsU/3ps4axtLK0k/s1600/Untitled.png


5.      Bahasa Daerah
     Pada dasarnya terdapat banyak bahasa daerah di Gorontalo. Namun hanya tiga bahasa yang cukup dikenal masyarakat di wilayah ini, yaitu Bahasa Gorontalo, Bahasa Suwawa (disebut juga Bahasa Bonda), dan Bahasa Atinggola (Bahasa Andagile).

6.      Alat Musik : Polopalo

http://1.bp.blogspot.com/-PpIBD-bKXM8/VAvims8HtcI/AAAAAAAAALQ/VKVVKR7RwYQ/s1600/POLOPALO-300x220.jpg

Alat musik ini terbuat dr bambu, berbentuk seperti garputala raksasa dan cara memainkannya yaitu dengan memukulkannya ke lutut. Pada perkembangannya, alat musik ini disempurnakan pada beberapa hal, salah satunya adalah kini Polopalo dibuatkan sebuah pemukul dari kayu yang dilapisi karet agar membantu dan mempermudah untuk memainkannya. Pengembangan ini memberi perubahan selain tidak memeberi rasa sakit pada bagian tubuh yang dipukul, juga membuat alat musik ini berbunyi lebih keras atau nyaring.



E.      KEBUDAYAAN BANTEN
1.      Rumah Adat
Rumah adat Banten adalah rumah adat suku Baduy, oleh Karena itu pemerintah menetapkan nama rumah adat Banten adalah rumah Badui. Rumah tradisional ini berupa panggung yang terbuat dari dari kerangka bambo, kayu nangka, kayu jati serta batang pohon kelapa dengan beratapkan daun nyiur ataupun ilalang dan lantainya yang terbuat dari pelepah bambu yang telah dibelah.

http://3.bp.blogspot.com/-rNpyUvmQtQE/VAqG7IVqJKI/AAAAAAAABsk/NaXDyybXqNE/s1600/03022008042.jpg
Rumah Adat Badui

2.      Pakaian Adat
Pakaian adat Banten pada Pria mengenakan pakaian model baju koko dengan lehernya yang tertutup. Serta pakaian bawahnya dilengkapi celana panjang serta diikatkan dengan kain batiknya. Pada bajunya dikenakan ikat pinggang dan diselipkan sebilah parang di ikat pinngang tersebut bagian depan. Serta di bahu diselempengkan sehelai kain.Sedangkan pakaian adat Banten pada wanitanya, memakai baju adat kebaya serta kain batin sebagai bawahannya. Pakaian ini juga diselempangkan sehelai kain di bahu dan dihiasi dengan bros kerajinan tangan pada bagian depan kancing kebayanya. Pada rambut di sanggul dan dihiasi dengan kembang goyang berwarna keemasan.
http://3.bp.blogspot.com/-R3j-_d1ASFk/VAqG9IOyUUI/AAAAAAAABs4/sj9Ha7uSqHY/s1600/BANTEN.png
3.      Tarian Daerah: Tari Topeng
    Tarian ini dilakukan oleh satu orang pria atau lebih sesuai dengan kebutuhan. Gerakkan tari ini tempak gemulai.Tarian topeng mengisahkan tentang seorang rasa yang balas dendam karena cintanya yang ditolak.

http://3.bp.blogspot.com/-sCT9BaksI48/VAqG7zxJRaI/AAAAAAAABsw/efedpfB8APE/s1600/Tari_Topeng_Banten.jpg
Tari Topeng


4.      Alat Musik: Angklung Buhun, Pantung Bambu, Rampak Beduk.
5.      Senjata Tradisional: Parang
6.      Bahasa Daerah: bahasa Jawa Banten dan bahasa Sunda
7.      Suku bangsa: Suku Baduy







                                                                   

1 comment:

  1. saya sangat berterima kasih banyak MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan pesugihan dana ghaib nya kini kehidupan kami sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ternyata apa yang tertulis didalam blok MBAH RAWA GUMPALA itu semuanya benar benar terbukti dan saya adalah salah satunya orang yang sudah membuktikannya sendiri,usaha yang dulunya bangkrut kini alhamdulillah sekaran sudah mulai bangkit lagi itu semua berkat bantuan beliau,saya tidak pernah menyangka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan kami sekeluarga tidak akan pernah melupakan kebaikan MBAH,,bagi anda yang ingin dibantu sama MBAH RAWA GUMPALA silahkan hubungi MBAH di 085 316 106 111 insya allah beliau akan membantu anda dengan senang hati,pesugihan ini tanpa resiko apapun dan untuk lebih jelasnya buka saja blok mbah
    BUKA PESUGIHAN PUTIH TAMPA TUMBAL

    ReplyDelete

Official Virgozta