Saturday, March 28, 2015

Tips Mudah dan Gampang Cara Memperbaiki Kartu Memory Hp Android Tidak Terbaca

Tips Cara Memperbaiki Kartu Memory Hp Android Tidak Terbaca - Sebenarnya mengatasi SD Card yang tidak terdeteksi pada handphone Android anda susah - susah gampang , karena tergantung dari penyebab dan kerusakan Micro SD Card itu sendiri . Jika anda mengalami hal semacam ini , anda jangan panik , karena hal ini sudah wajar di alami oleh para pengguna handphone . Namun alangkah baiknya jika hal ini terjadi pada diri anda , karena dari itu kenalilah faktor yang menyebabkan kartu memori hp , khusunya android yang tidak bisa dibaca atau ketika di buka isinya kosong.

Tanpa sobat sadari ada beberapa kesalahan yang dapat menyebabkan kartu memory anda tidak bisa terbaca , salah satu fakor paling utama yaitu sering memindah - mindahkan memory card anda ke hp satu dengan hp yang lainya . Meskipun hal itu terihat biasa - biasa saja namun tahukah anda bahwa sering mengcopy isi memory card dengan cara memindahkan dapat menggores kuning - kuning pada kartu memory itu sendiri , akibatnya memori tidak dapat terbaca dengan baik , sebagai mana mestinya.

Meskipun Memory Card dapat diperbaiki , namun tidak semua jenis kerusakan bisa di perbaiki 100% , misalnya jika kartu memori terlipat , terpotong , terpapar panas yang bersuhu tinggi itu sangat mustahil untuk dapat diperbaiki kembali , namun jika hanya Kerusakan data yang ada di dalamnya. yaitu berupa file foto, video, atau file musik, tetapi juga sistem format penyimpanannya. Kalau kerusakannya seperti ini, masih ada harapan untuk menyelamatkan sebagian atau semua file di dalamnya, meski tidak bisa 100%.

Cara Jitu Memperbaiki Memory Card Tidak Terbaca Di Android

Cara Mengatasi Memory Card yang tidak terbaca atau terhidden

Berikut ini ada beberapa opsi plihan yang dapat sobat pilih untuk memperbaiki kartu memori hp android sobat yang tidak bisa terdeteksi karena suatu masalah , tips ini saya peroleh dari beberapa sumber , karena hampir keseluruhan artikelnya sama , saya jadi bingung mulanya ini dari siapa . oke deh lansung saja simak tutorial kartu sd card tidak bisa terbaca . 

Cara Memperbaiki Memory Card Rusak Pada Hp Samsung

Sebenarnya cara ini tidak hanya pada hp samsung soang deh , namun trik ini juga dapat diterapkan dengan hp dengan merk yang lainya , karena pada dasarnya intinya sama , tapi sobat harus menyesuaikan sendiri.
  1. Pertama silahkan sobat buka tab menu kemudian masuk ke halaman setting
  2. Scroll dan cari terus menu penyimpanan , kurang lebihnya seperti pada gambar berikut.

    Cara mengatasi Kartu Memori Card Tidak Terdeteksi di Android
  3. Nah inilah tahap intinya yaitu kita akan memperbarui SD Card Memory dengan memformatnya ( Format Kartu SD ) dengan cara menghapus semua data dari kartu SD termasuk musik dan foto dengan begitu memori anda akan kembali seperti semula

Memperbaiki SD Card yang Rusak dengan di Gosok - Gosok

Disini kita tidak akan menggosok sebuah lampu ajaib yang dapat mengeluarkan JIN yang dapat memberi anda permintaan untuk memperbaik kartu memori anda , melainkan kita akan menggosok tembaga kuning pada memori , siapa tahu memori tersebut kotor , sehingga ada yang menghalanginya untuk dibaca oleh hp. caranya yaitu.
  1. Pertama Matikan Hp anda terlebih dahulu ( untuk menjaga kemanan hp dan memory card )
  2. Keluarkan kartu memory dari Gadget. Pastikan kamu sudah mematikan Gadget terlebih dahulu
    Memperbaiki SD Card yang Rusak dengan di Gosok - Gosok
  3. Bersihkan lempengan tembaga (berwarna kuning keemasan) dengan penghapus pensil (yang warna putih). Gosok perlahan hingga bersih
  4. Jika yakin sudah bersih, masukan kembali kartu memori kedalam slot memori lalu periksa apakan sudah terbaca atau belum

Solusi Memperbaiki Memory Card Tidak Terdeteksi dengan PC

Jika anda malas menggunakan opsi kedua diatas , anda dapat mencoba cara alternatif berikut , yaitu dengan memanfaatkan PC atau Laptop yang anda punya untuk memperbaiki kartu memory yang tidak terbaca.
  1. Pertama hubungkan Hp android anda ke Komputer menggunakan Kabel Data
  2. Pastikan Terhubungnya dalam "Mass storage mode (MSC)", bukan "Media transfer mode (MTP)" ( di ingat - ingat loh ya )
  3. Lalu Buka Windows Explorer, klik kanan pada drive kartu memory, pilih Properties > Tools > Error Checking, tunggu hingga semua proses selesai

    Solusi Memperbaiki Memory Card Tidak Terdeteksi dengan PC
    Image by : jalantikus.com
  4. Nah yang terkahir nih ye , silahkan cek kembali kartu SD Card anda , apakah sudah terbaca atau belom .
Nah itulah 3 Cara Paling Ampuh untuk memperbaiki Kartu Memory Card Yang tidak bisa Terdeteksi pada Hp Androi anda , dengan menggunakan salah satu dari ketiga tips diatas insya Allah , SD Card anda akan kembali seperti semula , namun jika masih tidak terbaca , bearti itu tandanya minta di ganti. Ingat  !!! nanti ketika sudah terbaca atau anda membeli lagi , jangan lupa untuk membakcupnya ditempat yang aman seperti komputer , hosting atau yang lainya , seupaya nanti jika rusak lagi anda sudah punya data salinanya.

No comments:

Post a Comment

Official Virgozta