Sunday, May 24, 2015

Cara Membuat installer sistem operasi Windows di USB Flashdisk

Menginstall sistem operasi Windows di laptop anda dengan menggunakan CD/DVD adalah hal yang umum dilakukan, dimana anda tinggal memasukkan CD/DVD tersebut, anda bisa langsung menginstallnya. Tapi, tidak semua laptop tidak dilengkapi dengan CD/DVD RW. Seperti yang ada pada laptop milik saya saat ini. Tapi, dengan inovasi teknologi yang begitu berkembang, kita tidak perlu khawatir karena kita bisa melakukan installasi sistem operasi Windows tersebut dengan menggunakan USB Flashdisk dengan membuat installernya. Bagaimana caranya?
Membuat installer sistem operasi Windows di USB Flashdisk tidak terlalu susah. Yang perlu anda siapkan adalah sistem operasi Windows dalam bentuk ISO, USB Flashdisk kosong minimal 4GB, dan tools untuk membuat installer Windows.
Langkah pertama, download tools untuk membuat installer Windows. Ada banyak tools sebenarnya, tapi saya menyarankan anda untuk menggunakan tools yang dibuat oleh Microsoft, yaitu Windows 7 USB/DVD Tool. Setelah selesai download, lakukan installasi.
Langkah kedua, masukkan USB Flashdisk yang kosong tadi ke port USB yang ada di laptop. Buka aplikasi Windows 7 USB/DVD Tool. Pilih Browse, cari lokasi tempat ISO dari sistem operasi Windows berada. Setelah itu, pilih Next.
Membuat installer windows
Pilih lokasi ISO dari windows
Langkah ketiga, karena kita akan membuat installernya di USB Flashdisk, pilih USB device.
Membuat installer windows
Pilih tipe USB device atau DVD
Langkah keempat, pilih Drive Letter dari USB Flashdisk tersebut. Kemudian pilih Begin copying.
Membuat installer windows
Pilih Drive letter dari USB Flashdisk
Proses pembuatan installer akan berjalan seperti pada gambar berikut.
Membuat installer windows
Proses pembuatan installer
Langkah terakhir, setelah proses pembuatan installer windows selesai dilakukan, akan muncul pesan seperti pada gambar berikut. Tutup aplikasi dan anda telah berhasil membuat installer sistem operasi Windows di USB Flashdisk.
Membuat installer windows
Proses pembuatan installer selesai
Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Official Virgozta