Sunday, May 24, 2015

Solusi Cara mengatasi pesan “This Connection is Untrusted” di browser Mozilla Firefox

Pagi ini, saya baru saja ditugaskan oleh atasan saya untuk memperbaiki browser Mozilla Firefox yang tidak bisa masuk ke alamat yang dituju di PC atasan saya yang lain. Saya pikir mungkin saja permasalahan proxy yang belum diatur. Tapi, setelah saya lihat di browser, ternyata pesan yang muncul adalah “This Connection is Untrusted”seperti pada gambar di bawah ini.
Pesan This Connection is Untrusted
Pesan This Connection is Untrusted
Nah, bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut? Setidaknya ada dua cara yang saya ketahui bagaimana mengatasinya. Namun, sebelum itu, mungkin kita harus perlu tahu dahulu, kenapa bisa muncul pesan seperti gambar di atas.
Pesan tersebut akan muncul karena berjalan dengan menggunakan protokol HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure), seperti situs seperti Facebook, Google Mail, Twitter, Yahoo Mail, dkk. HTTPS merupakan sebuah protokol transmisi data yang aman dimana protokol ini adalah gabungan dari HTTP dan SSL (Secure Socket Layer)/TLS (Transport Layer Security). Keduanya memberikan perlindungan yang memadai dari serangan eavesdroppers dan juga MITM (Man-in-the-middle attack).

Cara mengatasi pesan “This Connection is Untrusted”

Seperti yang saya sampaikan sebelumnya bahwa setidaknya ada dua cara mengatasi pesan tersebut, yaitu:

Cara Pertama

Pada pesan “This Connection is Untrusted”, pilih opsi “I Understand the Risks”. Kemudian, muncul tulisan yang diakhiri dengan tombol Add Exception…
cara mengatasi pesan This Connection is Untrusted
Pilih tombol tersebut. Lalu muncul kembali dialog “Add Security Exception”. Pilih Get Certificate. Terakhir pilih Confirm Security Exception. Selanjutnya browser akan menuju ke halaman yang anda tuju.
Add Security Exception
Add Security Exception
Nah, dari beberapa percobaan yang saya lakukan, ternyata hasilnya tetap saja masih muncul pesan yang sama. Namun di bagian Technical Details muncul pesan seperti berikut.
Seperti pesan Technical Details bahwa ternyata certificate sudah kadaluarsa dikarenakan waktu kalender yang tidak cocok. Maka dari itu, cek kalender di PC/Laptop anda (seperti pada cara kedua).

Cara Kedua

Cek kalender pada PC/Laptop anda apakah tanggal kalender sudah cocok dengan tanggal hari ini.
Cek kalender PC/Laptop
Cek kalender PC/Laptop
Apabila kalender anda belum cocok, ya cocokkan dengan kalender sekarang. Setelah selesai pengaturan, coba lakukan browsing kembali.
Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Official Virgozta