Sunday, May 24, 2015

Solusi dan Penyebab Cara Mengatasi Baterai Laptop yang Tidak Mau Mengisi Daya


pada awal tahun 2013  hingga sekarang, pertumbuhan laptop atau komputer jinjing sangatlah luar biasa. sebagaimana bisa kita lihat bukan hanya orang - orang IT saja yang memakai laptop / notebook ini tetapi orang yang pekerjaannya bukan di bidang IT pun sekarang memilikinya. karena tuntutan pekerjaan dan mudahnya bekerja secara mobile dengan perangkat gadget yang satu ini. namun seiring berjalannya waktu, kini penggunaan laptop pun menuai banyak pertanyaan seputar masalah yang biasa terjadi terhadap komponen - komponen yang ada di laptop salah satunya adalah baterai.

Solusi dan Penyebab laptop tidak bisa melakukan Charge sampai penuh
mengatasi batre laptop tidak 100%
 Pernahkan anda mengalami ketika baterai sudah di cas (charge) selama beberapa jam namun Baterai laptop tidak kunjung penuh ? atau batere notebook tidak sampai 100%  (fully charged) dan selalu berada di bawahnya selama apapun kita melakukan charge. dan di indikator baterai, muncul tulisan "Battery not Fully charged" ?  ya, pada bahasan kali ini akan kita bahas, Penyebab dan Tips Solusi Mengatasi Baterai Tidak Terisi Penuh. silahkan disimak.

Penyebab Baterai Tidak Kunjung Penuh

biasanya hal ini terjadi karena beberapa faktor yang mempengaruhi, diantaranya :
  • gangguan listrik. Seringnya mati lampu dan tidak stabilnya listrik membuat ketahanan baterai cepat menurun karena pasokan yang masuk tidak sesuai dengan daya tampung yang ada sehingga mengakibatkan baterai mengalami malfungsi.
  • Membiarkan Laptop mati karena kehabisan baterai. hal ini yang sayangnya masih sering di anggap lumrah oleh kita. padahal sebenarnya betari laptop mempunyai counter limit penggunaan berapa kali kita melakukan charge. 
  • Critical Battery Level yang terlalu rendah. pengaturan critical battery level di bawah 5% dapat menyebabkan kondisi baterai tidak tahan lama, oleh karenanya aturlah sebisanya pada level 10%.

Solusi Pengisian Baterai notebook Tidak Terisi Penuh 

setelah kita mengetahui penyebab dan faktor terjadinya hal ini, kali ini akan kita bahas bagaimana cara yang dapat kita lakukan agar umur baterai dapat bertahan lama kembali terisi penuh.

1. Biasakan untuk langsung melakukan Charge / cass baterai sebelum benar - benar mati. hal ini untuk memperpanjang cycle counter yang ada pada baterai laptop.

2. Ubah Critical Battery Action menjadi Hibernate jadi pada saat batre sudah habis, otomatis komputer akan melakukan hibenasi dan data kita aman karena tersimpan.

3. Ubah nilai Critical Battery Level di atas 5% dan low battery level menjadi 10%. jika bingung cara merubahnya, ikuti cara berikut :

Untuk Windows 7 :

Klik tombol Start > Control Panel > Security > Power Options. lalu pada pilihan "Select a power plan" klik pilihan "Change plan setting" pada bagian kanan. setelah itu akan muncul jendela "change setting for the plan" . Klik "change advanced power Setting" . lalu klik tanda (+) pada pilihan Battery, low battery level, dan critical battery level. disini anda bisa rubah angka persentase yang anda inginkan.

Untuk Windows 8 :

hampir sama seperti windows 7, akses control panel melalui Start Screen, Apps, Control panel. lalu cari bagian Security dan power options. selanjutnya langkahnya sama.

4. Setelah itu, lakukan pengecasan pada kedaan batre masih terisi penuh (bukan kosong atau low ). nah disini lakukan pengecasan dalam waktu yang lama, bisa lebih dari 5 jam. tenang saja, baterai tidak akan overcharged atau terbakar, karena batere laptop zaman sekarang sudah di lengkapi teknolog kalau baterai penuh maka proses charge akan berhenti dengan sendirinya.

5. setelah itu bisa dilihat penambahan 1% dari sebelumnya, jadi untuk memperoleh 100% anda bisa lakukan hal ini berulang kali.

6. Jika laptop tidak dipakai, maka lakukan pengecasan dalam keadaan laptop mati (shut down) ini akan mempercepat proses regenerasi cell - cell pada baterai. saran saya, lakukan cass pada malam hari ketika anda tidur, jadi keesokan harinya bisa dilihat hasilnya. namun, jauhkan posisi laptop dari tempat anda tidur, karena walaubagaimanapun radiasi barang elektronik yang dekat tidak bagus ketika kita sedang tidur.

*untuk poin nomor 6, pastikan selalu listrik di rumah anda benar- benar stabil sebelum melakukan charge pada malam hari.

Semoga Bermanfaat ,,,

No comments:

Post a Comment

Official Virgozta