Wednesday, March 2, 2016

Tips Cara Mudah Crop atau Memotong Video dengan Movie Maker di Windows 7

Cara mengkrop/memotong video dengan movie maker di windows 7 ini saya gunakan sebagai asas coba-coba dan dengan hasil yang cukup walau sedikit ribet saat proses pemotongan video untuk menyesuaikan dengan subtitle. (maklum newbie :p).

Alkisah, kemaren saya download film drama korea Detektive Cheo Yong beserta subtitlenya, ternyata di pertengahan video yang saya download tersebut ada iklannya juga kaya di tipi tipi. Sedangkan subtitlenya terus berjalan sesuai waktu film tanpa iklan, kan puyeng. Untuk download lagi saya membutuhkan waktu hampir satu jam, untuk download subtitle yang pas dengan film yang ada iklannya juga susah bingit pasti nyarinya ;p. Untuk edit subtitlenya biar pas?? Rata-rata saat googling mereka nyaranin make software...ughh, mau edit langsung make notepad...tambah puyeng :o (mo nonton aja kok ribet ).

Akhirnya saya niatin buat potong aja iklannya dan passin sama waktu di subtitlenya, hahahaha.Untuk para mastah yang memiliki teknik lebih ciamik dan simple, monggo di tunggu sharean-nya :D.

Teknik Pemula Dalam Mengkrop/Mengedit/Memotong Video Dengan Movie Maker Di Windows 7

Pertama, buka dulu Movie Makernya (untuk yang tidak tahu asal muasal Movie Maker ini, silahkan baca penjelasan singkatnya disini Movie Maker untuk Windows 7.)
Setelah itu add videos and photos, pilih video mana yang ingin anda potong/krop.
Cara mengkrop video dengan movie maker di Windows 7 Step 1

Kemudian, setelah anda memilih video mana yang ingin di potong/krop. Pilih tab editlalu tentukan pada bagian 2(time/waktu/durasi) atau 3(frame) di bagian manakah anda ingin memotong/krop video tersebut.

Note: Bila anda kesulitan mengatur posisi yang pas untuk timing video yang ingin anda potong, pause terlebih dahulu video anda kemudian diantara tanda play terdapat dua tanda panah untuk memajukan dan memundurkan durasi waktu perframe 00:00:00:03 mili detik (bener gak tuh yha mili detik?? :p hahahahaha) intinya 1 detik = 100 milidetik, jadi kaum newbie bisa atur waktunya dari situ agar lebih pas.

Cara mengkrop video dengan movie maker di Windows 7 Step 2

Kemudian untuk memotong video dengan movie maker di windows 7 kita tekan split di awal bagian video yang ingin kita potong (ini akan memotong video menjadi 2 bagian), kemudian play video sampai pada bagian terakhir dimana kita ingin memotong bagian tersebut lalu paused dan tekan split lagi sehingga video kita tadi terbagi menjadi tiga bagian.

Cara mengkrop video dengan movie maker di Windows 7 Step 3

Setelah itu klik kanan pada bagian yang ingin di potong lalu pilih remove (dengan gambar silang) atau tekan delete pada keyboard, sehingga video anda nanti akan menjadi dua bagian karena 3 - 1 = 2 hahahahahaha.

Anda tidak perlu khawatir tentang 2 bagian ini, jika anda play 2 bagian ini akan menyambung dengan sendirinya. Anda juga bisa memotong lebih banyak bagian sesuka anda, yang perlu anda lakukan hanyalah men-split bagian-bagian tersebut.

Jangan lupa di save hasil pekerjaan anda.

Cara mengkrop video dengan movie maker di Windows 7 Step 4

Pilih home kembali kemudian pilih save movie dengan tanda panah, dan save sesuai dengan format kebutuhan anda.
Mudahkan :p

Posting ini saya berlakukan di karenakan saya suka donwload film korea buat koleksian...dan kaum newbie tau sendiri kalo download film-film korea gitu suka ada iklannya di tengah-tengah, dan kalo nonton online/streaming kadang subtitle indonesianya kurang jelas...malah kadang suka g nyambung...hahahaha.

Dan maaf jika ada kata-kata saya yang kurang berkenan atau kurang bisa di mengerti, maklum pemula :p
hahahaha.

Untuk para mastah yang punya cara krop, motong atau edit video yang lebih simple, jangan lupa di share yak. Sekian cara mengkrop/memotong video dengan movie maker di windows 7 ala teknik pemula, Terima Kasih dan semoga bermanfaat. :)

No comments:

Post a Comment

Official Virgozta