Wednesday, March 2, 2016

Tips Cara Mudah Membuat Subtitle Tanpa Software

Kali ini Teknik Pemula ingin berbagi cara membuat subtitle tanpa software. Teknik ini cocok banget buat kamu yang perfectionis, semisal kalian download film dengan subtitle terpisah ataupun subtitle yang sudah menyatu dengan filmnya (selama subtitle itu softsub masih ada kesempatan untuk di ubah) tapi di dalam subtitlenya ada bahasa yang kurang pas atau menurut kalian kurang asik kalian bisa  ubah sendiri nantinya atau kalian yang memang ingin membuat subtitle sendiri dengan gaya bahasa kalian sendiri misalnya.

Nahh...begini nih caranya.

Jika kalian belum tahu cara menyatukan subtitle, sebaiknya baca ini dulu Cara menggabungkan subtitle dengan film atau kalian menggunakan WMP (Windows Media Player) yang setau saya settingan defaultnya tidak akan memunculkan subtitle yang terpisah secara otomatis, tapi kalian harus mengubah settingannya terlebih dahulu untuk membuat WMP ini mau membaca file.srt/file subtitle kalian nantinya. Nah ini Cara memunculkan subtitle pada windows media player.

Ok sekarang kita masuk ke materi cara membuat subtitle tanpa software tapi kita akan menggunakan notepad. Ok begini format penulisan subtitle agar muncul pada video player kalian.

1
00:00:05,000 --> 00:00:07,500
isi dari pembicaraan

<merah>
Ini untuk menunjukan urutan yang akan muncul terlebih dahulu, meskipun di bawahnya kita sudah menaruh waktu untuk pemunculan, jika kita tidak menggunakan urutan ini maka semua subtitle akan muncul secara langsung.

<ijo>
Ini untuk waktu munculnya teks sekaligus durasi teksnya. 00:00:05,000 ini artinya jam:menit:detik,milidetik. nah untuk milidetik ini bebas semau kalian secocoknya dengan suara di film. --> tanda panah ini wajib, saya sendiri pernah coba dengan tanda (-), (->) dan (--)saja yang muncul malah cannot render the file/tidak dapat menjalankan file, jadi tanda itu mutlak seperti itu adanya :)

<biru>
Ini isi dari pembicaraan yang ingin di tampilkan. Jika ingin membuat tulisan tebal atau miring bisa gunakan

<i></i> untuk tulisan  miring


dan


<b></b> untuk tulisan tebal

Rumus ini hampir sama seperti bahasa html. Saya jelaskan sedikit yah biar nanti kalian bisa membuat subtitlenya semenarik kalian.Dalam bahasa html setiap pembuka <i> harus ada penutup </i> sobat newbie bisa liat kan perbedaannya...hanya di garis miring "/", pembuka tidak membutuhkan garis miring <i> tapi penutup harus dengan garis miring </i>.

<i>akan membuat tulisan miring</i>

<b>akan membuat tulisan tebal</b>

<font color="#09EA53"> membuat tulisan berwarna</font>

jika hanya

<font>teks</font>

Tulisan tetap muncul tetapi tidak akan berwarna atau berwarna default, jadi kalian perlu menentukan warnanya dengan menambah kode color="" di dalam kurung pembuka setelah kata font.

contoh:

<font color="warna yang diinginkan">teks teks teks</font>

Untuk warnanya kalian bisa menyebutkan sesuai dengan bahasa inggris  blue, yellow, red dan bla bla bla. Atau untuk warna yang lebih beragam bisa gunakan warna angka seperti #ffffff untuk putih dan #000000 untuk hitam dan lain-lain seperti contoh di atas.

Sobat pemula juga bisa mengubah ukuran teksnya dengan menambah kode size="" di dalam font pembuka

contoh:

<font size="20px">teks teks teks</font>

Untuk ukuran bisa ditulis dengan pixel (px) atau persen (%) atau tidak perlu di tulis seperti

<font size="20">teks teks teks</font>

Nah untuk menampilkan tulisan miring berwarna tinggal tulis seperti ini

<i><font size="30px" color="#09EA53">teks teks teks</font></i>

jangan lupa untuk selalu menutup setelah membuka XD

Ni saya kasih contoh lagi
Ini yang saya tulis di notepad

1
00:00:01,000 --> 00:00:03,800
<i><font color="#09EA53" size="30">Teks miring dengan ukuran dan warna</font></i>
2
00:00:04,500 --> 00:00:06,900
<b>Teks tebel</b>
3
00:00:08,450 --> 00:00:10,080
Teks biasa

Jika sudah membuat subtitle jangan lupa di save dengan cara pilih File -> Save as ->Pada kolom File name: isikan nama subtitle anda (samakan dengan nama film lebih baik) dan di tambah .srt (contoh: romawi.srt) kemudian pada kolom Save as type: pilih All fileskemudian Save.

Mudahkan :)

Sekian teknik pemula yang bisa saya bagikan untuk cara membuat subtitle tanpa software kepada para pemula lainnya, semoga bermanfaat yha ^_^v peace yha. Oh yha...jika kalian ingin tahu bagaimana saya menyatukan subtitle dengan video seperti yang saya upload di atas silahkan baca artikel saya yang berjudul Cara Menggabungkan Subtitle Dengan Video Untuk Upload.

No comments:

Post a Comment

Official Virgozta