Friday, March 18, 2016

Tutorial Cara Buat Jaringan Adhoc dan Agar Smarphone Android Terkoneksi dengan Wifi Ad hoc

Siapa sih yang nggak tau dengan yang namanya wifi, Hampir semua orang pernah menggunakanya karena apa? hampir di tempat-tempat tertentu sudah menyediakan layanan wifi seperti di kantor-kantor, sekolah, kafe dan bahkan di warung lesehan sekalipun, dan smartphone sekarang sudah memiliki yang namanya wifi bahkan smatphone dengan harga yang lumayan terjangkau sekalipun.

Tidak bisa di pungkiri penggunaan wifi menjadi cara paling efektif untuk menghemat kuota. Dan taukah sobat wifi terbagi menjadi 2 jenis yaitu jaringan wifi mode adhoc dan jaringan wifi mode infrastruktur, Saliders hanya akan menjelaskan sedikit buat sobat semua tentang jaringan adhoc.

Apa itu jaringan wifi adhoc?

Jaringan wifi adhoc adalah sebuah model jaringan wireles LAN yang sangatlah sederhana, karena jaringan ini tidak bergantung pada infrastruktur yang sudah ada, dan host dapat saling berinteraksi.

Pernahkah sobat punya modem terus yang sobat pakei internetan hanya lewat pc/leptop sobat saja, padahal sobat juga ingin juga menggunakannya lewat perangkat lain misalnya hp /smartphone biar tidak nambah biaya untuk mengaktifkan paket di smartphone, sobat tidak usah khawatir buat nambah paket, sobat bisa buat jaringan wifi adhoc di pc/ leptop sobat biarbisa di gunakan perangkat lain.

Lalu bagaimana cara membuat jaringan adhoc di pc / leptop?

Untuk membuat jaringan wifi adhoc di pc caranya sangatlah mudah sobat bisa ikuti langka berikut:

1.Pastikan wifi di pc sobat telah menyala.

2.langka selanjutnya sobat klik start, di situ ada kolom pencarian kemudian sobat ketik adhoc kemudian tekan enter.

3.Nanti akan muncul jendela setup adhoc network sobat klik saja next.

4.Selanjutnya sobat isi Network name, terserah mau sobat beri nama apa, mode security saya sarankan  biarkan saja wpa2-personal, lalu sobat isi passwordnya, centang the network seperti gambar di bawah yang saya lingkari merah dan klik next.
www.saliders.blogspot.com


5. Keluar jendela dengan nama yang sobat buat ready to use, klik saja close.

6.Sobat bisa cek di icon wireless di kanan bawah yang gambar signal itu, akan terlihat nama yang dibuat tadi- waiting for users, dan wifi adhoc siap di gunakan untuk perangkat lain.


Membuat jaringan wifi adhoc juga bisa dilakukan di hp nokia "symbian" dengan bantuan aplikasi joikuspot sobat bisa download di situs resmi nokia di ovi.store kemudian sobat ketik joikuspot di kolom pencarian, dan ketemu aplikasinya tinggal di unduh.

Kenapa jaringan wifi adhoc tidak terdeteksi oleh smartphone android?

Pertanyaan ini sempat terlintas di benak saya, kenapa kok nggak muncul, padahal di hp nokia bisa deteksi, setelah saya mencari tau ternyata wifi smartphone android hanya bisa mendeteksi jaringan wifi infrastruktur tidak bisa mendeteksi jaringan wifi adhoc,

Lalu bagaimana cara agar smarphone android bisa mendeteksi wifi adhoc?

Untuk bisa mendeteksi smarphone android memerlukan sedikit perubahan pada system untuk melakukanya sobat ikuti langka berikut:

  1. Pastikan android sobat telah di ROOT
  2. Sobat unduh file wpa_supplicant ukuran file hanya 161 KB
  3. Setelah sobat download sobat buka dengan file manager, saya sarankan menggunakan x-plore file manager, karena fitur yang sangat lengkap dan bisa di gunakan menjelahi file system, kalau sobat belum punya sobat ambil di sini X-plore file manager
  4. Langka selanjutnya sobat buka x-plore file manager kemudian sobat cari wpa_supplicant diROOT/system/bin/wpa_supplicant kemudian ubah nama wpa_supplicant menjadi wpa_supplicant.old. 
  5. Copy wpa-supplicant yang baru di download tadi ke ROOt/system/bin cara memindahkan menggunakan x-plore file manager memiliki cara lumayan berbeda karena memili dual panel, panel kanan sobat buka system/bin kemudian panel kiri di wpa_supplicant lalu tekan wpa dan tahan kemudian copy. untuk lebih jelas sobat bisa lihat screenshot ini.
    www.saliders.blogspot.com
    Sobat perhatikan kanan yang saya lingkari merah "old" itu hasil setelah kita ubah nama tadi.
  6. Setelah sobat copy hasilnya akan seperti ini.
    www.saliders.blogspot.com
    Yang saya lingkari merah itu yang baru di pindah.
  7. Selesai, sekarang jaringan wifi adhoc bisa terdeteksi di smartphone android sobat dan bisa di gunakan seperti wifi pada umumnya.

Kurang lebihnya bisa disampaikan di komentar, Terima kasih.

No comments:

Post a Comment

Official Virgozta