Friday, March 18, 2016

Tutorial Cara Mudah Setting Nvidia Geforce Untuk Dapat Hasil HD

Pada dasarnya leptop yang di peruntukkan untuk menjalankan grafis yang tinggi seperti game-game HD maupun pengolahan gambar itu di bekali dengan dua buah vga yakni vga internal atau bawaan dari intel "intel hd graphics dan vga eksternal Nvidia. 

Secara default leptop yang memiliki dua vga akan menggunakan memiliki vga secara otomatis "Auto select", jadi jangan heran ketika main game hd dan hasilnya kurang memuaskan bisa jadi yang bekerja saat itu vga internal "intel hd graphics". untuk sobat yang ingin mendapatkan kualitas grafis sobat bisa ubah ke nvidia.

Lalu bagaimana cara ubah intel hd graphics ke Nvidia?

Untuk merubahnya sobat bisa ikuti langkah berikut:

  1. Klik kanan pada destop kemudian pilih NVIDIA Control Panel.
  2. Pilih manager 3D setting.
  3. Langka berikutnya sobat ubah Preferred graphics processor dari Auto select ke High-performance Nvidia processor, untuk lebih jelas sobat bisa lihat gambar di bawah.

Cara setting Nvidia control panel agar mendapatkan performa maupun Quality.

  1. Sobat masuk ke NVIDIA Control panel.
  2. Pilih Adjust image setting with preview.
  3. Kemudian pilih Use my prepference empahasizing lalu sobat bisa ubah yang saya beri tanda panah ke kiri maupun ke kanan. Untuk mendapatkan gambar yang bagus sobah bisa geser ke kanan "quality" jika sobat ingin perform yang bagus sobat bisa geser ke kiri "performa" akan tetapi ketika sobat memilih performa kualitas gambar akan di kurangi dan bila sobat ingin keduanya seimbang antara kualiats gambar dengan performa sobat geser ke tengah "Balance"

Dan apabila sobat belum cukup puas dengan hasilnya sobat bisa setting di bagian manager 3D setting, saya akan jelaskan dan sobat bisa mengaturnya sesuai keinginan dan kebutuhan masing-masing.

Berikut penjelasan di Nvidia Control Panel:

1.Ambient Occlusion

  • Dalam bagian ini fungsinya mengatur tingkat detail gambar, jadi membuat bayangan / shadow jadi lebih bagus , kalau dalam game bagian ini di sebut SSAO, jadi kalau sobat ingin gambar dengan detail bagus bisa pilih quality tapi kalau vga sobat tidak terlalu tinggi dan supaya lancar dalam menagani game hd sobat bisa pilih off saja.
2.Anistropic Filtering
  • Fungsinya untuk mengatur semua tekstur dari 2D sampai yang 3D supaya terlihat lebih jelas kalau sobat pengen yang bagus pilih 16x tapi saran saya pilih Application-controlled.
3.Antialiasing -Mode
  • Fungsinya untuk menghaluskan efek 3D agar kelihatan lebih smooth, kalau vga sobat tergolong High-end sobat bisa pilih Enhance the application setting, namun bila vga sobat termasuk Low-on pilih saja off.
4.CUDA -GPUs
  • Fungsi nya saya kurang begitu faham dengan yang satu ini jadi pilih All saja.
5.Maximum pre -rendered frames
  • Fungsinya untuk mempersiapkan frame-frame yang berada di belakang yang sedang bekerja, biar lebih pas sobat pilih Use the 3D application setting saja.
6.Multi -display/mixed -GPU accelaration
  • Fungsinya untuk memberikan pilihan untuk menggunakan beberapa tampilan /display. jika sobat menggunakan satumonitor pilih Single Display Performance, bila lebih dari satu pilih multiple Display Performance, atau biar lebih lancar pilih Compatibility Performance Mode.
7.Power management mode
  • Fungsinya untuk mengatur gpu dalam penggunaan battery, jadi kalau sobat ingin grafik yang bagus terus pilih Prefer maximum performance tapi penggunaan battery akan jadi lebih boros, kalu yang ingin lebih irit di battery pilih Adaptive.
8.Tekstur Filtering -Anistropic Sample Optimisation
  • Fungsinya untuk menyaring tekstur biar tampak lebih bagus di bagian ini mending sobat setting keON saja, setting ke off apabila terjadi gangguan pada gambar saja.
9.Tekstur Filtering -Negatif LOD Bias
  • Fungsinya untuk mengatur ketajaman objek dalam game, sobat bisa setting ke Clamp agar mendapatkan gambar yang bagus, sobat pilih Allow bila gamenya terasa jadi berat.
10.Tekstur Filtering Quality
  • Opsi ini fungsinya hampir-hampir sama dengan di atas jadi agar lebih licah dalam bermain game sobat pilih performa saja.
11.Threaded Optimization
  • Fungsinya untuk memaksimalkan kinerja multithread dalam setiap game 3D. sekarang speck pc sudah pada multi-core jadi sebaiknya pilih on atau auto.
12.Triple Buffering
  • Pada bagian ini setting ke ON saja
13.Vertical Sync
  • Funsinya untuk menyamakan framerate game dengan refresh rate monitor, pada opsi ini bila sobat setting ke ON  maka gambar pada game berjalan dengan sangat halus, dan apabila di setting ke offgame agan berjalan lebih cepat tapi pada gambar ada yang di lewati atau "skip" jadi misal kayak urutan nomor bila setting on jadi 1,2,3,4,5 dan apabila off jadi 1.3.5. saran saya sobat pilih on saja biar gambar semakin mantap.
Dari semua penjelasan di atas, terserah sobat mau gambar yang berkualiatas atau performa yang mantap dalam menjalankan setiap game 3D maupun HD, saran saya untuk performa yang super mantap sobat bisa samakan settinganya seperti gambar berikut.
Kurang lebihnya bisa di sampaikan di komentar, Terima kasih.

No comments:

Post a Comment

Official Virgozta