Wednesday, December 10, 2014

Tips mengatasi BBM Android yang tidak bisa terhubung ke internet

BBM for Android sudah beberapa kali diperbarui namun masih saja terdapat cacat/bug yaitu tidak dapat menemukan koneksi internet. Pada saat yang sama, aplikasi yang lainnya tidak ada kendala dengan akses internet, jadi ini bukan masalah koneksi internetnya saya rasa, tetapi pada aplikasi BBM. Blackberry memang ga niat buat BBM for android dari rilis pertama sampai sekarang ga da yang beres.




Ada dua kondisi setelan bawaan Access Point Name (APN) pada perangkat android yaitu ada yang setelan proxy dan port kosong, ada juga proxy dan port yang terisi.

Pergi ke Pengaturan > Pengaturan lainnya > Jaringan Seluler > Nama Poin Akses .




Pilih paket data yang anda pakai.






Untuk android yang secara bawaan proxy dan port sudah terisi 
  • Pada bagian Proxy dan Port, catat nomor Proxy dan Port untuk cadangan saja, lalu hapus proxy dan Port, biarkan kosong. Setelah itu nyalakan ulang perangkat android. Sekarang silahkan coba login lagi ke aplikasi BBM.
  • Kalau masih tidak bisa, hapus Username dan Password.
  • Kalau masih tidak bisa juga, hapus data BBM, pergi ke Pengaturan > Manajer aplikasi > buka pada BBM > Hapus data.  Ini hanya data BBM yang dihapus, data-data lainnya tetap aman. Sebelum menghapus pastikan tidak lupa sama ID dan passwordnya. Lalu coba login kembali ke BBM. Kontak akan pulih kembali setelah sign in.
  • Untuk yang masih gagal ingin mencoba dengan kartu lain agar menghapus data BBM dahulu seperti diatas..


Untuk Android yang secara bawaan proxy kosong

Silahkan minta konfigurasi GPRS lagi ke operator atau isi secara manual seperti berikut, pada bagian Proxy dan port silahkan diisi sesuai dengan operator masing-masing :


  • Telkomsel -> Proxy : 10.1.89.13 Port : 8000
  • Xl -> Proxy : 202.152.240.050 Port : 8080
  • Axis -> Proxy : 10.8.3.8 Port: 9201 atau 8080
  • Indosat -> Proxy : 10.19.19.19 Port : 8080
  • 3 -> Proxy 10.4.0.10 Port: 3128
  • Smartfren -> Proxy 10.17.27.250 Port : 8080


Setelah dimasukkan nomor proxy dan portnya, nyalakan ulang android dan coba login lagi ke BBM.


  • Kalau masih tidak bisa juga hapus data BBM, pergi ke Pengaturan > Manajer aplikasi > buka pada BBM > Hapus data. Lalu coba login kembali ke BBM.
  • Untuk yang masih gagal ingin mencoba dengan kartu lain agar menghapus data BBM dahulu seperti diatas..
Pending Untuk yang sudah berhasil login tetapi tidak bisa/gagal mengirim pesan atau pesan tertunda terus (pending), itu bisa jadi karena pernah mengganti kartu SIM sehingga pengaturan APN-nya berbeda, cara mengatasinya sama, atur proxy dan port.

Untuk yang masih gagal, coba instal BBM yang versi lama sebelum ada fitur stiker. 

Unduh BBM versi lama BBM.apk atau disni. Mungkin tidak kompatibel untuk perangkat keluaran baru. JIka dua tautan diatas mati semua bisa googling BBM v 2.0.0.13 atau versiyang sebelumnya.

Setting up BBM
Ini adalah cacat/bug dari BBM yang baru. Untuk BBM yang selalu keluar "Mengatur BBM"  bisa coba BBM  versi yang lama karena dari pengalaman BBM versi lama hanya diawal saja yang bermasalah selanjutnya lancar-lancar saja. Semua BBM for android memang bermasalah semua tapi yang lebih sedikit masalanya adalah versi yang lama.

Cara instal BBM versi lama
Uninstal dulu BBM yang terpasang kemudian pasang BBM versi lama, jangan langsung ditimpa. Pastikan tidak lupa ID dan password karena akan sign in lagi. Bila tidak ditemukan koneksi lakukan cara-cara diatas.

Jika sudah normal menggunakan BBM versi lama untuk tidak memperbarui BBM sampai Blackberry memperbaiki bug ini.

Jika semua langkah gagal coba tanyakan ke operator seluler, bisa jadi masalahnya ada di jaringan internetnya.

No comments:

Post a Comment

Official Virgozta